Mythologiest

Welcome to my domain

Beside the ancient Greek and ancient Roman mythology, there was a famous mythology and still worldwide on this day. Is Norse mythology (Norwegians mythology). Norse mythology is the mythology that comes from the Scandinavian belief that’s constitute of the nations association who inhabited the northern European region. They consist of the Norwegian, Danish, Swedish, and also some of Germany regions, and Iceland. Scandinavian nations also often called Norseman or Northman, which means people of north. Scandinavians are the most familiar are the Vikings, the adventurers and pirates from Norway.
Selain mitologi dari kepercayaan Yunani kuno dan Romawi kuno, ada satu mitologi yang mendunia dan terkenal sampai saat ini. Yaitu mitologi Nordik (Mitologi Norwegia). Mitologi Nordik ini adalah mitologi yang berasal dari kepercayaan bangsa Skandinavia sesungguhnya merupakan kumpulan bangsa-bangsa yang mendiami daerah Eropa bagian utara. Mereka terdiri dari bangsa Norwegia, Denmark, Swedia, dan juga sebagian dari daerah Jerman, dan Islandia. Bangsa Skandinavia sering disebut juga Norseman, atau Northman yang berarti orang utara. Orang Skandinavia yang paling dikenal adalah orang-orang Viking, para petualang dan bajak laut dari Norwegia.

Like the other great nations such as Greece and Roman, the Scandinavians also have their own beliefs about gods who protect them and how they created the world. In accordance with the history of ancient people who subscribe to a lot of Paganism, the cult worship of nature gods. The gods are regard as the creator of the universe and human beings.
Seperti bangsa-bangsa besar lainnya seperti Yunani dan Romawi, bangsa Skandinavia juga memiliki kepercayaan sendiri tentang dewa-dewa yang melindungi mereka dan bagaimana dunia ini diciptakan oleh mereka. Sesuai dengan sejarahnya orang-orang jaman dahulu banyak yang menganut Paganisme, aliran kepercayaan yang memuja dewa-dewa alam. Para dewa ini dianggap sebagai pencipta alam semesta dan manusia.

However, the intervention of Christian historians in the Middle Ages and resulted many changes to the culture, and the way they worship. Just for remember, ancient Pagan belief generally involves the offering of living creatures, even humans. This is of course quite contrary to the modern religious culture. As a result, many of their mythologies and legends of lost and not recorded. Or some no longer certain lack of authenticity because the facts support. And also, Christianization in northern Europe resulted the forgotten the deities from the worship and the belief stories of the past. However, Odin and Thor are Gods of the most famous and most enduring.
Tetapi karena campur tangan para sejarawan Kristen di abad pertengahan mengakibatkan banyaknya perubahan dan terhadap kebudayaan, dan cara pemujaan mereka. Perlu diingat, jaman dahulu kepercayan Pagan umumnya melibatkan persembahan berupa makhluk hidup, bahkan manusia. Hal ini tentu saja sangat bertentangan dengan kebudayaan agama modern. Sebagai akibatnya banyak juga mitologi dan legenda mereka yang hilang dan tidak tercatat. Atau beberapa tidak dapat dipastikan lagi keasliannya karena tidak adanya dukungan fakta. Dan juga kristianisasi di Eropa utara mengakibatkan terlupakannya Dewa-Dewi dari pemujaan dan kisah-kisah kepercayaan masa lalu. Meskipun demikian, Odin dan Thor merupakan Dewa-Dewa yang paling terkenal dan bertahan paling lama.

Odin, the rulers of all god


Several people of Scandinavian and historian trying to maintain this trust and then they makes an information about the Scandinavian myths that are stored in ancient literature called Eddas, usually in prose and poetry form, but it also develops in the hereditary form of fairy tales. Because this mythology so many popping out in various parts of northern Europe, then there is usually a variety of versions. This usually occurs because the myth adapted to the region concerned. So also with the names of the gods and their role, as well as important events, such as Odin is also known as Wotan in Germany, or Woden in England.
Beberapa orang skandinavia dan ahli sejarah berusaha mempertahankan kepercayaan ini kemudian mereka membuat informasi mengenai mitos Skandinavia yang disimpan didalam literatur-literatur kuno yang disebut Eddas, biasanya dalam bentuk prosa dan puisi, selain itu berkembang juga dalam bentuk dongeng turun temurun. Karena mitologi ini banyak bermunculan di berbagai belahan Eropa Utara, maka lazimnya ada berbagai macam versi. Ini biasanya terjadi karena mitos tersebut disesuaikan dengan daerah yang bersangkutan. Begitu juga dengan nama-nama para dewa dan peranan mereka, serta kejadian-kejadian penting, seperti Odin dikenal juga dengan nama Wotan di Jerman, atau Woden di Inggris.

In Norse mythology, the earth is described as a flat disc that rests on the world tree branches called Yggdrassil. For more details, this is the branches and tree roots Yggdrasil (center of the world) contained in 9 different worlds, namely:
Dlm mitologi Norse, bumi ini digambarkan sebagai sebuah cakram datar yang bertumpu pada cabang2 pohon dunia yang dinamakan Yggdrassil. Bumi itu sendiri terbagi menjadi beberapa wilayah khusus. Untuk lebih jelasnya, inilah cabang-cabang dan akar-akarnya pohon Yggdrasil (pusat dunia) yang terdapat di 9 dunia yang berbeda, yaitu:
Yggdrasil Tree
• Asgard, the Æsir or the world class high gods and the most powerful. Asgard is located on the branch above Yggdrasil that through by Urd's spring. Asgard world ruled by Odin, the leader of the gods in Asgard (the same position with Zeus in ancient Greek belief or Jupiter in the ancient Roman belief)
• Asgard, dunia para Æsir atau golongan Dewa-Dewa tinggi dan yang paling berkuasa. Asgard terletak pada cabang Yggdrasil di sebelah atas yang dialui oleh Mata air Urd. Dunia Asgard dikuasai oleh Odin, para pemimpin dewa di Asgard (kedudukannya sama dengan Zeus dalam kepercayaan Yunani kuno atau Jupiter dalam kepercayaan Romawi kuno)
• Vanaheim, the world of the Vanir or groups small deities. Located adjacent to the Asgard in the neighborhood of the Gods.
• Vanaheim ,dunia para Vanir atau golongan Dewa-Dewi kecil. Letaknya berdekatan dengan Asgard di lingkungan para Dewa.
• Alfheim, world of the elves or race small god to control the fertility .
• Alfheim, dunia para elf atau ras Dewa kecil pengatur kesuburan.
• Midgard, the world as the world human beings are not immortal
• Midgard, dunia manusia sebagai dunia makhluk yang tidak abadi
• Jotunheim, the world of the Jotun, or giants controlled by Loki
• Jötunheimr, dunia para Jotun atau para raksasa yang dikuasai oleh Loki
• Svartálfheim, the world of Svartálfar (English: Swart elfs / elves) or Dökkálfar (English: Dark elfs / elves) are the elves of darkness
• Svartálfheim, dunia para Svartálfar (bahasa Inggris: Swart elfs/elves) atau Dökkálfar (bahasa Inggris: Dark elfs/elves) yaitu kaum elf dari kegelapan
• Niddhavellir, the world of dwarf or pygmy. They lived in caves or under the ground as the skilled miners and experts to make tools and weapons from the metal
• Niddhavellir, dunia para Dwarf atau orang kerdil. Mereka tinggal di gua-gua atau di bawah tanah sebagai penambang yang mahir dan ahli membuat peralatan dan senjata dari logam
• Niflheim, the underworld (world of death) is cold, home of Jotun (ice giant), ruled by Hel, Loki's daughter. Niflheim is equated with Tartarus, the hell that is controlled by Hades in the ancient Greek mythology.
• Niflheim, dunia bawah tanah (alam kematian) yang dingin, rumah para Jotun (raksasaes) , dikuasai oleh Hel, anak perempuan Loki. Niflheim ini disamakan dengan Tartarus, dunia neraka yang dikuasai oleh Hades di dalam mitologi Yunani kuno.
• Muspell or Muspellheim, the fire and homes for Surt, a giant whose the skin form from lava and hair is a fire
• Muspell atau Muspellheim, dunia api dan rumah bagi Surt, raksasa yang kulitnya berupa lahar dan rambutnya adalah api

There was one of the most famous events in the history of this Nordic mythology, which is RAGNAROK. Ragnarok true meaning is 'the destiny of the gods' (fate of the gods) is a big battle (final battle) that occur between the giants and monster led by Loki against the gods and Eirhenjar led by Odin.
Ada satu peristiwa yang paling terkenal dalam sepanjang sejarah mitologi Nordik ini, yaitu RAGNAROK. Arti sebenarnya dari Ragnarok adalah 'takdir para dewa' (fate of the gods) adalah peperangan besar (peperangan final) yang terjadi antara kaum raksasa dan monster yang dipimpin oleh Loki melawan para dewa dan Einherjar yang dipimpin oleh Odin.

The sign of the
Ragnarok start :Pertanda akan dimulainya Ragnarok:1. Birth of the three 'demons' the most evil and most powerful which is the son of Loki with Angerboda. The third demon is Jormungand, Fenrir and Hel.1. Lahirnya tiga 'iblis' yang paling jahat dan paling dashyat yang merupakan anak dari Loki dan Angerboda. Ketiga iblis itu adalah Jormungand, Fenrir dan Hel.2. The death of Balder, brother of Thor the god and the most dearest second son of Odin with frigg
2. Tewasnya Balder saudara Dewa petir Thor yang merupakan putra kedua yang paling disayangi Odin dan Frigg
Toward this great war, the role of Valkyrie, the goddess of war (which is more than 16 goddesses) play a role in selecting and collecting the spirits of the great soldiers of from the human world who had died in the battle and was appointed to Valhalla instead to Nifleheim.
Menjelang peperangan besar inilah, peran Valkyrie, sang dewi perang (yang berjumlah lebih dari 16 orang dewi) berperan dalam memilih dan mengumpulkan roh para prajurit hebat dari dunia manusia yang telah mati dalam pertempuran dan diangkat ke Valhalla alih-alih ke Nifleheim.

Valhalla is gathering place for the spirit of heroes who reputed was courage and greatest during his lifetime. Whose to judging people is worthy come to Valhalla is duty of Valkyrie. The spirits of the Valkyrie's choice is called Eirhenjar, which will be fought on the side of the gods against the giants and monsters in Ragnarok later. While responsible for leading and supervising the Einherjar to practice is goddess Freyja. Even Valkyrie also obey under the command of the goddess Freyja. For evening Odin will host the dinner his Eirhenjar at Valhalla. Every time they eat food that has given by Odin, instantly the Eirhenjar wounds and stamina are cured and ready to practice for war for the next day.
Valhalla itu tempat berkumpulnya roh-roh pahlawan yg dianggap berani dan terhebat semasa hidupnya. Yg menilai seseorang layak masuk Valhalla adalah tugas para Valkyrie. Roh-roh pilihan para Valkyrie itu di sebut Eirhenjar, yang akan ikut bertempur di sisi para dewa melawan para raksasa dan monster dalam Ragnarok nantinya. Sedangkan yang bertanggungjawab dalam memimpin dan mengawasi para Einherjar berlatih adalah dewi Freya. Bahkan Valkyrie pun harus tunduk dibawah perintah dewi Freya. Malamnya Odin akan menjamu para Eirhenjarnya makan malam di Valhalla. Setiap mereka memakan makanan yang dijamu oleh Odin, seketika luka-luka dan stamina para Eirhenjar langsung sembuh dan siap untuk berlatih perang keesokan harinya.

Odin and Loki in war

The gods has the eternal life because they eat apples from the holy tree Iðunn which is guarded by the goddess Idun (similar to nectar and ambrosia the food of the Greek gods) they do not aging or die. But their life was only temporary until Ragnarok came. In this war, 8 from the 9 world were destroyed except Niflheim is untouched during the Ragnarok. Only a few gods who survived from the war, even both Odin and Loki were killed in that great battle. The survived gods finally continued and created a new world for both of gods and humans like what we can have now.
Para dewa-dewi hidup dengan keabadian karena mereka memakan buah apel dari pohon suci Iðunn yang di jaga oleh dewi Idun (sama dengan makanan nectar dan ambrosia para dewa-dewi Yunani) mereka tidak menua ataupun mati. Tapi hidup mereka itu hanya sementara sampai Ragnarok tiba. Didalam peperangan ini, 8 dari 9 dunia turut hancur kecuali dunia Niflheim yang tak tersentuh saat Ragnarok terjadi. Hanya sedikit dewa yang selamat dari peperangan ini, bahkan Odin dan Loki pun sama-sama tewas dalam peperangan besar itu. Para dewa yang selamat akhirnya meneruskan dan membuat dunia baru untuk para dewa dan manusia seperti yang ada sekarang ini.

The goddess Idun gave the Idun's aplle for the god and goddess

Norse mythology has an influence on some things that we can be found in contemporary times. The names of days in the English language taken from the names of Norse gods, such as:
Mitologi Nordik memiliki pengaruh terhadap beberapa hal yang bisa ditemukan pada zaman sekarang. Nama-nama hari dalam bahasa Inggris diambil dari nama-nama Dewa-Dewi Nordik, seperti:
Tuesday Wednesday
Tyr’s (Tiw’s) day atau Hari Tiu Odin’s (Wodin’s) day atau Hari Wodin

Thursday Friday
Thor’s day atau Hari Thor Frigg’s atau Freyja’s day atau Hari Freya

Except for saturday which is from the name of Romans god, Saturnus (Saturn>>>>Saturday), Sunday from the sun and monday from the moon
Kecuali sabtu, yang berasal dari nama dewa Romawi yaitu Saturnus (Saturn>>>Saturday), Senin (sunday) dari kata matahari dan minggu (monday) dari kata bulan.

The usage of "Middle-earth" as a name was popularized by Old English scholar J. R. R. Tolkien in his The Lord of the Rings and other fantasy works; he was originally inspired by the references to middangeard and Éarendel in the Old English poem named Crist.
Dan penggunaan "Dunia Tengah" (Midgard world) sebagai nama yang dipopulerkan oleh sarjana Inggris Kuno seperti JRR Tolkien dalam Lord of the Rings dan karya-karya fantasi lain, Tolkien pada awalnya terinspirasi oleh referensi middangeard dan Éarendel dalam puisi Inggris Kuno bernama Crist.

And several other works inspired by Nordic mythology of this nation, ranging from comics and animesuch as Meitantei loki ragnarok, movies such as Thor, and popular games such as Ragnarok Online from Korea and Valkyrie profile and Valhalla knights from PS company in Japan
Dan beberapa karya-karya lainnya yang terinspirasi dari mitologi dari bangsa Nordic ini, mulai dari komik dan anime seperti Meitentei loki ragnarok, film-film seperti film Thor, dan game yang terkenal seperti Ragnarok Online dari Korea dan Valkyrie profile dan Valhalla knights keluaran PS company dari jepang

Valkyrie Lenneth from Valkyrie profile game in PS Company

144 komentar:

Mampir baca di pagi hari. Salut.

Ooooo Begitu to ceritanya ragnarok
Walah pagi2 kelayapan si mia, blom tidur mi?

mau saur mi, jam 3 dah komen hahaha
Gimana denger lagu orang sound di mute hihi

@Iseng Ngeblog and Irvan>>> No mia in here please. its Vamps *grin*

Oohh.. ini juga blog Mia tho..? Rajin bener mia, punya beberapa blog dan selalu diupdate..
Blogku yg Lina On SIte aja jarang aku update, ngurusi yg sharingyuk aja dah ga ada waktu.. hehehe

Nice posting mia, tapi aku ga begitu paham, coz bahasa inggrisan.. hehehe

hmmmm... nambah lagi pengetahuan saya nih... sip.. mantab postingannya...

wadoh...panjang amat...
tapi aku baca dikit2 deh...

keren, rajin banget ngetiknya :)salam kenal :)

scandinavian bukan adik beradik ma viking ya?

kisah yg menarik dan seru kawan.. ;)
mantap

http://mangkasarakku.blogspot.com/

mapir baca aja..

@attayaya>>> Viking itu emang termasuk salah satu bangsa skandinavian, bukan adik kakak lagi heheheehe

wah pantesan nama2nya agak2 familiar..ternyata sebagian ada di triloginya LOR ya...

kunjungan perdana
salam kenal

valkyrienya sangar euy...
nambah ilmu lagi nih.
thanks udh kunjung ke blog saya.

salam kenal ^^

wah udah ada yang lebih baru,keren2

hahahha...ini blognya mia juga ya baru nyadar..tapi klo disini panggilnya Vamps...

kisah yang begitu lengkap tentang yunani negeri para dewa

@munir>>> ini legenda Scandinavia alias nordik, bukan Yunani

wooo panjang juga nih artikel...kudu pelan pelan bacanya

salam sobat
saluut banget dengan postingannya..
banyak sejarah dan pengetahuan nich,,
saya jadi tahu nich Scandinavian or Norse Mythology,,di blog cantik ini.

Mitologi seperti ini memang menarik ya...

Phonank masih penasaran sama Mythologi Yunani...

jadi yang scandinavian belom tuntas bacanya, hehehehe

bener2 ahli per dewaan nih.

Salam kenal...wah serasa sekolah lagi...saya ngga bs banget berbahasa inggris, tp kl ada terjemahannya gini...T.O.P...

Wew, lengkap, hebat...

jadi di baca abis,,soalnya ada terjemahannya,,gambarnya juga bagus-bagus

mampir pagi sambil baca-baca...tengkyu infonya sob... :)

keren... kepake semua di game Final Fantasy... ^^ tp klo ngomongin mitologi pasti ceritanya panjang dah sob...! dulu aja ane baca di wikipedia ttg mitologi yunani kaga bisa selese 2 hari 1 mlm.. ^^

sangat menarik.
o jadi gitu ya sejarah nama-nama hari dalam bahasa Inggris.
baru tau sekarang

ini blog lain si kucing tengil ya?

salam sobat
trims mba,,
sudah berbagi ilmu dan pengetahuannya.

weiks, lengkap dan komplit... dewa2 nya bangsa viking dari nama hari ya...

Salute, ditampilkan dalam 2 bahasa... menambah pengetahuaannkkuuu...

Jadi tambah wawasan nieh...thanks sob atas infona.

yg gw masih bingung tuh perbedaan dari mitos, legenda n dongeng...bedanya apa ya?

@Bayu Lebond>>>
mitos>>>Mitos (dari Greek μύϑος mythos) menurut pengertian Kamus, adalah "cerita (kisah) tentang dewa-dewa dan orang atau makhluk luar biasa zaman dahulu yang dianggap oleh sesetengah golongan masyarakat sebagai kisah yang benar dan merupakan kepercayaan berkenaan (kejadian dewa-dewa dan alam seluruhnya)."

Mitos juga merujuk kepada satu cerita dalam sebuah kebudayaan yang dianggap mempunyai kebenaran mengenai sesuatu perkara yang pernah berlaku pada suatu masa dahulu. dan dogma yang dianggap suci dan mempunyai konotasi upacara.(mitologi dewa yunani/ romawi/ nordik dll)

Legenda adalah biasanya merupakan cerita/kisah yang bersangkutan dengan kisah-kisah bersejarah. (seperti perang Troy, legenda cinta Cleopatra dll)

Dongeng biasanya bersifat fantasi dan didunia fantasy dan biasanya tidak ada bersangkutan dg sejarah (spt peterpan, putri salju, cinderella)

berarti tiga-tiganya gak bisa dibuktiin secara nyata ya sam...alias fantasi semua...

wah ketahuan deh kalau nggak membaca atau skimming ternyata skandinavia bukan yunani

klo mythology indonesia ada ga yah?

@bayu lebond>>> yg pure fantasy itu dongeng. krn ga ada jejak sejarah atau peninggalan yg membuktikan cerita itu dalam dunia nyata (spt peterpan dan dunia neverland, putri salju dll)

kalo mitologi, disertai dg peninggalan sejarah,(spt kuil pathenon, patung2 dewa, cara pemujaan)literatur2 atau script2 kuno yang masih dipelajari dan bahkan jadi mata pelajaran dalam pelajaran sejarah di Eropa. Kalo soal benar ga nya keberadaan para dewa itu, lah yg ga bisa di buktikan secara ilmiah (namanya juga kepercayaan, agama itu kan diyakini oleh kepercayaan bukan secara ilmiah). Tapi tentu aja kepercayaan dewa2 ini merupakan agama/keeprcayaan orang2 Yunani kuno dahulu sebelum kristen datang dan menjadi agama baru di sana.

Kalo legenda, juga berasal dari cerita sejarah (spt perang troy, kisah cleopatra, bahkan legenda spt werewolf, penyihir benar2 terjadi di sana dan menghebohkan masyrakat eropa pada dahulunya. teaptnya di abad 1800-an) cuma terkadang, legenda ini sering di bumbui dengan cerita tambahan. jadinya kebenarannya sedikit blur karena banyaknya teori yang berkembang. tapi kita bisa melacak jejak sejarah dari legenda2 ini.

@Richo>>> ada. Kan dahulu sebelum Islam dan kristen masuk ke Indonesia, nenek moyang kita menganut kepercayaan animisme alias mempercayai banyak dewa (spt org2 yunani) contohnya adalah dewi Sri atau dewi padi yg dipercaya membawa panen berlimpah. Kalo nyi roro kidul... aku bingung termasuk legenda apa mitos nih. Soalnya kalo dari aku lihat termasuk legenda, tapi begitu di puja banget ma masy. keraton spt org yunani memuja dewa2nya yg ada didalam mitologi. Ada org keraton disini yg bisa ngejawab???

kalo dalam pewayangan jawa...(bukan dari india)...bahkan banyak tempat yg disinyalir bekas-bekas peninggalan pewayangan...semisal...ada pringgondani (tempat gathotkaca berkuasa) ternyata ada di daerah karang anyar, grojogan sewu (tempat baladewa bersemedi ketika akan perang bhatarayuda berlangsung) ada di daerah tawang mangu...dll...dan cerita rakyat yg ada bekasnya seperti tangkupanperahu (ada diJabar) yg gunungnya berasal dari perahu, batumenangis (daerah sumatra) yg seorang dikutuk oleh ibunya jadi batu menangis, banyuwangi (daerah Jawatimur) dll...mohon penjelasannya sam...

Kalo tokoh2 pewayangan, termasuk dalam halnya legenda. Kayak legenda Rama sinta (ingat legenda itu adalah kejadian sejarah yang ada peninggalan sejarahnya. sama spt Cleopatra, perang troy dll. Cuma kebenarannya blur, krn sudah dibumbui ceritanya) kalo tangkuban perahu, batu menangis, maling kundang, bisa didefinisikan dalam bhs inggris sbg folktale atau cerita rakyat, krn cerita rakyat biasanya menjelaskan suatu asal usul tapi belum tentu kebenarannya, ahnya di yakini (spt gunung tangkuban, benarkan itu dari perahu? atau malin kundang, benarkan dulu adalah manusia?) Folktale tak ada catatan dalam sejarah tahun kapan peristiwanya terjadi, spt halnya perang troy, kisah cleopatra, kepahlawanan Patih gajah Mada dll yg sudah jelas ada catatan sejarahnya walau tentu saja di bumbui dg sedikit cerita

Mitologi: berkaitan dg kepercayaan/keyakinan/ritual agama suatu bangsa/kaum dan ada peninggalan catatan sejarah (manuskript, kitab, literatur).

Legenda: suatu kejadian sejarah yg berkaitan dg suatu tokoh, kejadian, yang ada peninggalan dan catatan sejarahnya

Folktale (cerita rakyat): berkaitan dg cerita yg sudah berakar dari suatu daerah, yg diyakini oleh sekelompok masyarakat tsb sbg asal musabab suatu hal, walaupun tidak ada kepastian/bukti2 sejarah yg menguatkan

Dongeng/fairytale: cerita kisah fanatsy yg biasanya karangan seseorang yg akhirnya menyebarluas (spt putri salju, peterpan, beauty and teh ebast, berasal dari karangan satu orang tapi dikenal mendunia)

smoga ngerti bro. Btw my name is Vamps. not Sam. ok :D

wah...berarti "drakula" n "rangkenstain" (bener gak tuh ejaannya) bisa masuk kesemua kategori dung ya...dalam agama tertentu menyakini, dia juga tokoh, ada daerah yg sangat menyakininya, dan itu cuma karakter ciptaan bram stoker (bener gak ejaannya lagi)...

nyi roro kidul mungkin aphrodite na indonesia kali yah heheh

@Bayu>>> Vampir dalam tokoh ciptaan Bram stroker terinspirasi dari tokoh sejarah perang salib yaitu Pangeran Vladimir yg biasa dipanggil Pangeran Dracula yg artinya anak Naga. Krn ayahnya adalah pemimpin dan membentuk aliansi satria melawan bangsa turki, dimana aliansi itu dinamakan ordo naga (Naga dalam bhs Rumania adalah Dracul). Karena kekejaman pangeran Vlad dalam membunuh musuhnya, maka ia sering di asosiasikan sebagai setan dan dikait2kan dg vampire oleh Bram stroker.

Jadi tokoh Dracula sebenarnya hanyalah manusia biasa, bukan vampire. Tapi krn banyak org menyangka dracula=vampire krn terpengaruh oleh novel dari Bram stroker.

Vampire sendiri termasuk legenda, sama halnya dg manusia serigala. Hal ini dikarenakan, di abad 1400-1800 Eropa pada masa2 itu sering terjadi kejahatan yg sangat aneh. Yang dipercaya akibat kekuatan ilmu hitam dari penyihir dan iblis. Oleh karena itu, diadakanlah pemburuan terhadap orang YANG DI DUGA penyihir, vampire dan manusia serigala secara besar2an. Tercatat dalam sejarah, lebih dari 800.000 orang yg meninggal akibat dituduh sbg antek iblis, dan ironisnya, mereka yang dituduh langsung dibunuh tanpa melakukan cek dan ricek kebenarannya terlebih dahulu.

Dizaman modern ini, pengetahuan psikologipun smakin berkembang. Dan teori ttg vampire dan werewolf pun dapat di jelaskan secara ilmiah. Vampire dan werewolf ternyata adalah orang yang mengidap penyakit darah dan kulit yang langka dimana pengidapnya mengalami kekurangan darah yang parah (anemia akut) shg wajahnya pucat pasi spt mayat dan biasanya disertai dg penyakit kulit yg alergi terhadap matahari (jika terkena matahari bisa melepuh spt terbakar). Hal inilah selama ini disalahkaprahkan oleh masyarakat dan menyamakannya dg vampire yg kebetulan mempunyai ciri2 spt tsb. Dan manusia serigala, adalah org yg memiliki gen yg unik dimana menyebabkan bulu tubuh mereka tumbuh tidak terkendali sampai emnutupi seluruh tubuhnya, sehingga menyebabkan mereka spt serigala (sampai skrg masih ada org yg terkena sakit ini dan merupakan peristiwa yg sangat langka). Tetapi ada juga beberapa suku mempercayai keberadaan manusia serigala, spt suku indian yg mempercayai bahwa hanya shaman (dukun) indianlah yg dapat berubah menjadi serigala dalam rangka menjaga perkampungannya dari bahaya. Tak hanya serigala aja, shaman Indian bisa berubah menjadi binatang apa aja spt elang, beruang dll. Biasanya dalam kasus ini disebut sbg shape shifter yaitu peminjam/perubahan bentuk yg dipinjam (manusia meminjam bentuk tubuh serigala atau elang, tapi tetap dg kejernihan pemikiran manusia)

Parahnya, jika org yang memiliki penyakit darah dan kulit dalam kasus tsb juga mengidap penyakit kejiwaan, dimana karena doktrin kepercayaan masyarakat sejak berabad2 dahulu shg membuat dirinya pun terdotrin bahwa dirinya adalah vampir.manusia serigala sehingga alam bawah sadarnya pun akan meniru perilaku vampire dan manusia serigala spt beredar dalam mitos-mitos.

Nanti akan aku jelaskan mengenai hal ini di postingan berikutnya

Malam Meooow... ;-)

Berkunjung... :-)

aku pernah denger nyai ronggeng, tuh sapa ya??

@Bayu>>> Vampir dalam tokoh ciptaan Bram stroker terinspirasi dari tokoh sejarah perang salib yaitu Pangeran Vladimir yg biasa dipanggil Pangeran Dracula yg artinya anak Naga. Krn ayahnya adalah pemimpin dan membentuk aliansi satria melawan bangsa turki, dimana aliansi itu dinamakan ordo naga (Naga dalam bhs Rumania adalah Dracul). Karena kekejaman pangeran Vlad dalam membunuh musuhnya, maka ia sering di asosiasikan sebagai setan dan dikait2kan dg vampire oleh Bram stroker.

Jadi tokoh Dracula sebenarnya hanyalah manusia biasa, bukan vampire. Tapi krn banyak org menyangka dracula=vampire krn terpengaruh oleh novel dari Bram stroker.

Dracula sendiri termasuk ke dalam legenda, krn ia tokoh sejarah perang dalam perang salib tapi krn kesadisannya para novelis mengambil sosoknya menjadi vampir. Sedangkan Vampire sendiri ada yg berpendapat termasuuk mitos karena ia disembah dan diyakini dalam sebuah sekte aliran sesat, dan ada juga menyebutkan sebagai sebuah lagenda, sama halnya dg manusia serigala. Hal ini dikarenakan, di abad 1400-1800 Eropa pada masa2 itu sering terjadi kejahatan yg sangat aneh. Yang dipercaya akibat kekuatan ilmu hitam dari penyihir dan iblis. Oleh karena itu, diadakanlah pemburuan terhadap orang YANG DI DUGA penyihir, vampire dan manusia serigala secara besar2an. Tercatat dalam sejarah, lebih dari 800.000 orang yg meninggal akibat dituduh sbg antek iblis, dan ironisnya, mereka yang dituduh langsung dibunuh tanpa menyelidiku terlebih dahulu kebenarannya. Sehingga kejadian dalam perburuan penyihir, vampir, werewolf memang ada dalam catatan sejarah kelam masyrakat eropa (the dark age)tapi kebenaran apakah korban2 tsb benar2 penyihir,vampire,werewolf tidak bisa dipastikan/dibuktikan krnlangsung dibunuh tanpa adanya penyelidikan melalui persidangan/lembaga hukum.

Dizaman modern ini, pengetahuan psikologipun smakin berkembang. Dan teori ttg vampire dan werewolf pun dapat di jelaskan secara ilmiah. Vampire dan werewolf ternyata adalah orang yang mengidap penyakit darah dan kulit yang langka dimana pengidapnya mengalami kekurangan darah yang parah (anemia akut) shg wajahnya pucat pasi spt mayat dan biasanya disertai dg penyakit kulit yg alergi terhadap matahari (jika terkena matahari bisa melepuh spt terbakar). Hal inilah selama ini disalahkaprahkan oleh masyarakat dan menyamakannya dg vampire yg kebetulan mempunyai ciri2 spt tsb. Dan manusia serigala, adalah org yg memiliki gen yg unik dimana menyebabkan bulu tubuh mereka tumbuh tidak terkendali sampai emnutupi seluruh tubuhnya, sehingga menyebabkan mereka spt serigala (sampai skrg masih ada org yg terkena sakit ini dan merupakan peristiwa yg sangat langka). Tetapi ada juga beberapa suku mempercayai keberadaan manusia serigala, spt suku indian yg mempercayai bahwa hanya shaman (dukun) indianlah yg dapat berubah menjadi serigala dalam rangka menjaga perkampungannya dari bahaya. Tak hanya serigala aja, shaman Indian bisa berubah menjadi binatang apa aja spt elang, beruang dll. Biasanya dalam kasus ini disebut sbg shape shifter yaitu peminjam/perubahan bentuk yg dipinjam (manusia meminjam bentuk tubuh serigala atau elang, tapi tetap dg kejernihan pemikiran manusia)

Parahnya, jika org yang memiliki penyakit darah dan kulit dalam kasus tsb juga mengidap penyakit kejiwaan, dimana karena doktrin kepercayaan masyarakat sejak berabad2 dahulu shg membuat dirinya pun terdotrin bahwa dirinya adalah vampir.manusia serigala sehingga alam bawah sadarnya pun akan meniru perilaku vampire dan manusia serigala spt beredar dalam mitos-mitos.

Nanti akan aku jelaskan mengenai hal ini di postingan berikutnya

blog yg satu ini versi englis ya,,,
tapi mantabbbb dah,,,


guk,,guk,,gukk

dari dulu aku suka bangedh ma Yggdrassil neh vamps.. secara masih satu ras kan ma pohon.. hihihi..

vamps juga dpt tag di tempatku, silakan diambil.. krn vamps beda ma mia, kerjain ndiri2 loh.. dilarang saling mencontek.. hehe.. :)

wah.. hebat nih sob..pengetahuan sejarahnya banyak banget..
sepertinya diantara nama-nama yang disebut diatas saya sering menjumpainya dalam game .. hehehe..

itu pilem saint saiya itu ya

santai sambil baca2 aakkhh....

nambah ilmu nambah rejeki dan bertambah pengetahuan..luaaar biasaaa..

Kerennn........

keren....

wahhh keren nuy ceritanya drakula


Berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
salam blogger
:D

kunjungan pagi...salam silaturahmi..
kunjungan pertama x nya..

Wah. salut sama Mitologi ini
penuh filosofi..

Tinggalkan jejak disini!

kunjungan perdana mbak, salam kenal. blog nya ramai...
salam sahabat!

weew.. ceritanya lengkap bgt.. panjang..
semangat ya.. terus berkarya..

kunjungan tengah malam ke blog ini yang sangat menyenangkan.
ada baiknya anda juga berkunjung balik di blog jelek kami atau ke blog yang paling gelap sekali
dan selanjutnya hanya salam persahabatan yang kami ucapkan kepada pemilik blog ini

semakin keren aja mbak
translatean mantap
hehe

Seru juga bacanya..
TFS frenz

keeerrreeeennn...
wah pagi2 nongol d blog ini,disuguhin alunan musik kaya gini langsung merinding ane hahahha
makasih dah kunjungan d blog ane jangan kapok ya...
sebagai cendolnya ane follow blog ini :)

mmpir lagi disini
lho kok belum di update blog na

berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
salam blogger
maksih
:D

salam sobat
bacaan sangat menarik dan banyak pengetahuan tentang mythologiest yg didapat disini.

Anonim mengatakan... 2 April 2010 08.05  

salut, kalo bole minta mito yang yunani, hmm jaman atena gitu >.<

untuk mencari pengikut suatu aliran atau agama yang baru memang lebih mengena melalui budaya ...
sejarah Indonesia juga seperti itu ... agama2 yangh ada di Indonesia penyebarannya juga melalui pendekatan budaya .... .

pAnjang bAnget seritanya sOb..
bIngung ni bacanya..

tks infonya soal kompi di negara kanji.

Makasih udah mau mampir.

Salam kenal.

ahah..semakin menarik kalo baca soal mythology, seru..
wah penjelasanya komplit..
terimaksih sharingnya mbak..

bener2 bermanfaat bagi saya,karena saya gak ngerti bahasa londho.wkwkwk

maaf sobat,baru bisa berkunjung.sekalian mau ngasih undangan syukuran :D

maaf sobat,baru bisa berkunjung.sekalian mau ngasih undangan syukuran :D

setiap kebudayaan punya dewanya masing masing, tapi kalo di lihat2, selalu ada sisi cerita yang sama dari mereka.

mantap...belum tau sama sekali sebelumnya :D


salam adem ayem

keren nich artikelnya menambah wawasanku

Nice blog..
Kreatif lagi..

Salam Sillaturrahmi..
Salam kenal..

suka banget ma blog nya...
aku juga suka mitologi, karena namaku diambil dari nama dewi,haha...

salam kenal...

xoxo
aphrodita

kaya cerita hercules aja neh... bener2 mitos dan kebuyaan yg prlu dijaga...
kira2 egenda di negeri ini jga samapi di telinga org2 luar gak ya....
legenda roro jonggrang mgkn.... hahaha
semoga kebudayaan dan legenda yg ada di negeri ini terus berjaya sampai masa cucu cicit, canggah dan seluruh kturunan kita...
AMIN...

salam kenal mbak..
lagi blogwalking ne..

Ronda Malam...
Nyari sesuatu neg..

cuman nyampe tengah2 postingan dah capek baca sayah,,, komen langsung ajah yah. dah updet gw eyyy

Pegel juga dipaksain baca semua mba.. Tp keren mba...

wduh,,panjang amat...

tp hebat euy..

Ijin nyimank dulu yah ..
Hhe :)

saya suka suku scandinavian...baju kotak2 dan musik keren, alamnya juga bagus...kesannya romantis...

salam kenal dari http://abyumy.blogspot.com/

kalau ada waktu jangan lupa mampir ya???

mantep mbak tengil,mantep mlotot mata saya.haha
sebenere artikel ini seru,tapi saya break dulu buat koment.hehe

he he h mampir sobat bentar....mau menghajar artikel disini...he he he

Ceritanya sangat menarik
saya baru tahu dari artikel ini

wah, bangsa yunani nih...

mampir nona, jelas sekali terimakasihnya...^__^

Waahh.. gambarnya syerem-syerem yah ? Oh Dewa bisa mati juga toh ? Kirain immortal

Senang mengunjungimu...............blogmu ramai juga yach..............salam kenal.......

wkwkkw
odinnya kerrrennnnnnn

kayak di finalfantasy <== ketahuan gak baca tulisannay cuma lihat gambarnya aja

abis males translate lihat lingis...

waakkakakak

datang bersilaturahmi

Yang punya Blog kamana ya?

Mampir n lam kenal

By :
Anak Rantau

dewanya banyak banget ya
ada dewa tinggi... ada dewa lebih rendah...
apa gak bingung yaa

kayaknya pernah tau skandavia
tapi lupa dimana ya
haduuu

thnks ilmunya sob bermanfaat bagi pembaca khususnya bagi saya sendiri..
teruslah membuat artikle yang bermanfaat semangat happy blogging..
bila berkenan kita tukeran link yahh..kalau mau comment di bloggku yah.. thnks sebelumnya

SELAMAT BERIBADAH PUASA mampirrr,,,,tulisan-menarik.blogspot.com

menarik
salam hangat dari blue

Suatu postingan yang panjang kawand.
Ampe pusing kepalaku membacanya

wao..mengesankan. kalo dibuat filmnya keren banget nih. ada nggak ya filmnya? kyk beowulf gitu

hi mi... salam..

kisahnya bagus

wah lama gak diupdate, ya
Minal aidin walfaizin, maaf lahir & batin.
Selamat hari raya idul fitri 1431 H.

iya nich gosipnya udah lama bangetz nggak di apdet hehe
ayo diapdet lagiii

salam kenal ya

salaam kenaaaall..
kalo ada waktu mampir yaaa ;)

yudie

apa kabar?

xixixixixixi
selamat sore menjelang malam, ceritanya panjang dan seru, sudah ku copas di word aku, biar enak bacanya :)

Kaum Pagannisme --"

tinggal dongeng yang akan selalu diceritakan pada anak cucu mereka.

Informatika2shared

saya mampir lagi nih :)

salam persahabatan
berkunjung silaturrahmi kawan

salam persahabatan
berkunjung silaturrahmi kawan

keren nih tulisannya
tapi aku kok nggak ngerti ya arti mitologi??hehhee

Wah.. keren kk...Kok bisa dapet artikel semenarik itu?keren...hahahahah...
kk tolong buka blog saya...ya..
ditunggu kommentnya, di :
www.namayangbagus.blogspot.com
www.lupaitulali.blogspot.com
www.3d4n.blogspot.com

Trim's

Salam sahabat
Maaf telat banget gor about this posting i just can to say thanks alot this make me know more oh iya i'm also follow you thanks yach

Ceritanya bagus ssekali...

wah,bagus banget ceritanya

nice post

wah suka mitologi norwegia juga ya?
SAMA!!!

postingan saya soal Norse Myth:

• Mitologi Norwegia (Norse Myth) / Nordik Kuno / Anglo-Saxon

• Valkyrie, Chooser of the Slain

baru itu doang sih ._.

Artikelnya sangat menarik. Ditunggu tulisan berikutnya.
Salam dari Jogja :)

miaw sehat? heu heu.... ternyata ahli mitologis ya. :P

jadi takut kalau mau godain miaw, ntar disantet.
*kwaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa


#ngumpet di tank.

Anonim mengatakan... 4 Agustus 2011 17.55  

backlink tool the best seo backlinks automatic backlinks

knp sii mesti ada yg namanya perang.. pertanyaan terbesar gw.. napa mesti ada yg namanya perang salib?!?!?

knp gag make damai ajja gitu buat semua-mua nya :(

hmm hmm...
banyak juga yaa..
mitos mitosnya~

perangi perang!

valkyrienya sangar euy.
nambah ilmu lagi nih.
thanks udh kunjung ke blog saya.

salam kenal :)

hampir semua game ternyata dari mithologi yunani ternyata

entah,,
ketertarikan thdp mitologi kurang ="

kunjungan gan.,.
bagi" motivasi.,.
fikiran yang positif bisa menghasilkan keuntungan yang positif pula.,..
di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

ayoolllaaahhhhhh updateeeeeee...
kebanyakan main fb neh yeah

wah.. odin, yggdrasill beerry, valkyrie, dll

rasanya jadi inget game ragnarok :D

ternayta dari mitologi ini ya

kunjungan perdana..

mantaf... salam kenal..

67
kunjungan perdana kawan, sekalian untuk persahabatan dan saya langsung follow 67
saya berharap sobat juga berkunjung kembali seperti saya
ditunggu dan terima kasih sobat
trims

WELCOME

This is the another world beyond the mistery. Beyond your imagination.

Let me take you tour to another world that maybe you might have known or not. Or maybe you are one of us. Waiting to recall of your trueself

Keep on seeking, and you will find. Keep on knocking, and the door will be opened upon you

Welcome!

Pengikut